Minggu, 09 Juni 2013

Eluveitie REVIEW! (Folk Metal Band)



Eluveitie, sebuah band yang berasal dari Swiss dengan personil  8 orang dan genre musik Folk Metal.
 Dibentuk pada tahun 2002 oleh Chrigel Glanzman. Ok, sebenernya gue ga terlalu tau banyak tentang sejarah band ini, referensi tambahan didapat dari Wikipedia *jujur.

Tapi kenapa sih mau nge-review si Eluveitie ini? (jujur masih bingung bacanya gimana, elveiti apa elvaiti? -.-)
menurut gue band yang kaya gini pantas untuk di review, soalnya kreatif dan inovatif. Eluveitie itu band pertama yang gue temuin dengan aliran unik yaitu Folk Metal, kebayang aja musik aliran Death Metal tapi dicampur dengan instrumen Folk Song, instrumen khas dari Eropa. Mungkin ada beberapa band yang punya aliran yang sama, tapi menyelaraskan instrumen musik modern dengan musik tradisional itu ga gampang! Kalau di Indonesia itu ibarat main musik metal tapi dicampur sama instrumen tradisional kayak suling bambu, gamelan, angklung, dsb. emang bisa, tapi ga gampang! nyari celah nada yang pas biar si instrumen tradisional ini masuk dan sesuai dengan beat lagu metal yang dimainin itu.......nyesek! (curcol gara2 pernah coba)


Balik ke Eluveitie, ada beberapa instrumen tradisional yang terdapat di lagu-lagu Eluveitie ini, seperti mandola, whistles,pipes, gaita,flute bodhran, harp, hurdy gurdy, bagpipes, violin (Thanks to wikipedia, karena gue sama sekali ga tau instrumen-instrumen spesies apa ini kecuali harpa,biola sama flute -___-) bahkan kalau diliat list former member nya, masih ada beberapa instrumen  lagi seperti Irish Bouzouki,fiddle n crumhorn, dan lagi-lagi gue ga ngerti ini instrumen apa --"

Di Eluveitie, terdapat 2 vokalis yaitu si Chrigel Glanzman sama Meri Tadic, btw si Chrigel Glanzman ini bisa dibilang dewa nya dalam instrumen, dia bisa mainin 7-8 instrumen (tradisional maupun modern), wajar lah kalau dia jadi founder si eluveitie ini. Dan kalau suaranya si Chrigel juga jangan ditanya, harsh vocal tuh genre suaranya, jadi kalau denger lagu Eluveitie itu kayak yang denger lagu metal sambil ada musik tradisonal nya terus tau-tau muncul suaranya si Chrigel nyanyi sambil scream ga jelas -_-. Kalau suka dengerin lagu Avenged Sevenfold, scream nya ga jauh beda sama sih M.Shadow, bahkan menurut gue scream nya si Chrigel lebih cadas dan ga jelas ngomongnya juga ga jelas nadanya, kalau si M.shadow kan walaupun pake harsh vocal seenganya masih jelas nada sama liriknya (sok tau).  Kalau mau denger si Chrigel coba aja denger lagunya Eluveitie yang Bloodstained Ground, dari awal lagu langsung dibuka sama scream nya si Chrigel, walaupun terkesan kaya yang ga beraturan tapi pas instrumen flute dan instrumen lainnya masuk, lagu nya langsung jadi easy listening banget, jadi instrumen-instrumen tradisional itu kayak yang punya fungsi refresh dalam lagu-lagu nya eluveitie.

                                                                       Chrigel Lanzman
                                                                             
Di setiap album Eluveitie, pasti ada lagu-lagu yang khusus instrumen aja tanpa vocal. Dan jujur aja, sebanyak2 dengerin lagu Eluveitie gue memang lebih suka yang instrumen dari pada lagu-lagu aslinya. lagu-lagu instrumen ciptaan Eluveitie itu jenius aja menurut gue (metafora banget), metal nya kerasa banget tapi aliran folk song nya juga tetep kental banget terdengar, gue paling suka setiap part flute sama biola nya, ada instrumen lain sih yang gue suka tapi gue ga tau namanya apa, suaranya sejenis seruling (atau terompet) skotlandia gitu. Lagu-lagu instrumen Eluveitie ini ga jauh beda sama musik soundtrack nya film-film fiksi kayak Narnia sama The lord of the rings. Kalau mau denger lagu instrumen Eluveitie, biasanya sering jadi backsound nya acara Mancing Mania Trans 7, sering tuh pas adegan bapak-bapaknya lagi perang mancing ikan, backsound nya kebanyakan dari musik nya Eluveitie.

Tapi lagu-lagunya Eluveitie yang bukan instrumen juga ga kalah bagus loh, contohnya kaya Bloodstained Ground sama Slania Song, 2 lagu ini bisa dibilang favorit gue. Apalagi yang Slania song, itu suaranya si Meri Tadic bagus banget, cocok sama genre lagunya. Oh iya, bahasa lagu-lagu nya Eluveitie ini ga terlalu banyak yang pake bahasa inggris, kebanyakan pake bahasa Gaulish, ga tau ini bahasa dari mana cuma kalo gue dengernya kayak bahasa-bahasa Yunani gitu, (pantesan sampe sekarang lirik-lirik lagunya gue ga ada yang hafal).

Kesimpulan gue dari band ini sih jenius aja, instrumen yang dimainin banyak banget tapi pas disatuin nada nya selaras dan ga tumpang tindih, maksudnya komposisi tiap instrumen sama dan ga terdengar ada instrumen yang mendominasi. Salut juga dengan seiringnya perkembangan zaman dan tambah modern nya musik-musik dunia sekarang, Eluveitie tetep bisa bertahan dengan punya ciri khas genre tersendiri. Pantas untuk di review dan di apresiasi :D


Ngejelasin gimana bentuk lagunya memang susah kecuali didenger langsung, gue kasih list Recommended song nya Eluveitie versi gue ya!

Song  :
  • Slania Song
  • Bloodstainded Ground
  • Inis Mona 
  • Quoth The Raven
  • Luxtos
  • Thousandfold 

Instrumental song :
  • Memento (favorit)
  • Setlon
  • Andro
  • Isaraa
  • Liminal Passage
  • Aidu
  • Nata

Selamat mendengarkaaan :D




nb. Review ini versi gue, terlepas dari ke-sok tahuan gue, opini yang diterbitkan memang pure atas pemikiran
 gue dan versi gue, jadi ga ada niat untuk menjelek-jelekkan dan sebagainya :D

12 komentar:

  1. (y) tp saya masih krg paham,, tentang n aliran band ini..."

    BalasHapus
  2. Terpengaruh dengerin juga T_T

    BalasHapus
  3. Ensiferum juga band bagus :D

    BalasHapus
  4. Mng mntp,,
    Gw jg pnya komplit album" eluveitie dr album demo mpe yg terbaru album origins

    BalasHapus
  5. Vocalisny bukanny Chrigel Lanzman sama Anna Murphy yang juga mainin hurdy gurdy, itu kok Mery Tadic..???

    BalasHapus
  6. Bagi pengemar band eluveitie bisa masuk grup FB Eluveitie Indonesia thanks

    BalasHapus
  7. Anna murphy udah kluar apa ya guys?? Kok waktu koncer kmrin. Vokalis fimale di ganti???

    BalasHapus
  8. Anna murphy udah kluar apa ya guys?? Kok waktu koncer kmrin. Vokalis fimale di ganti???

    BalasHapus
  9. Ensiferum jg bagus lgu lgunya..

    BalasHapus
  10. ada di pake soundtrack mancing mania trans 7 hehe

    BalasHapus
  11. kalo gak salah judulnya memento

    BalasHapus
  12. suara mirip seruling itu namanya thin whistle bang, lagu2 eluveitie ini pakai bahasa irish yang menjadi rumpun terbentuknya negara britania raya, swiss, jerman dan prancis (setau gue). memang band ini menurut gw gokil banget dari sisi folk metal nya karena komposisi musiknya perpaduan modern dan tradisional. good job lah

    BalasHapus